THE LIGHT OF AL-QUR'AN

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

MY SCHOOL LAST TIME

MY PHOTOS

Selasa, 11 Desember 2007

LAPORAN WAKASEK KURIKULUM

Laporan wakil kepala sekolah bidang Kurikulum ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu laporan realisasi program kerja selama semester ganjil 2007-2008 dan rencana program semester genap 2007-2008.

A. Realisasi Program Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2007-2008
Program kerja wakasek kurikulum berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum yang sudah ditetapkan oleh SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Program kerja tersebut telah ditetapkan perencanaannya ketika tahun ajaran 2007-2008 dimulai. Dalam pelaksanaannya, alhamdulilah tidak ditemukan hambatan yang begitu menyulitkan. Berkat rahmat dan pertolongan Allah SWT, program tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Realisasi program-program tersebut antara lain:
1.Penyusunan rencana program wakasek kurikulum: Pertengahan Juli 2007.
2.Penyusunan jadwal pembelajaran : Pertengahan Juli 2007.
3.Sosialisasi pembuatan administrasi pembelajaran kepada setiap guru: Awal Agustus 2007.
4.Pelaksanaan bimbingan belajar khusus bagi kelas XII sebanyak lima hari dalam seminggu, dengan tenaga pengajar dari SMA Al-Muttaqin dan dari luar SMA Al-Muttaqin.
5.Pelaksanaan try-out sebanyak tiga kali selama semester ganjil.
6.Pelaksanaan out-door ke kawasan Pinus Ciamis: Akhir Agustus 2007.
7.Pembentukan panitia kegiatan ramadhan 1428 H: 3 September 2007.
8.Penyusunan perubahan jadwal pelajaran selama ramadhan, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB : 5 September 2007.
9.Kegiatan ramadhan 1428 H: 17 s.d. 30 September 2007.
10.Penutupan kegiatan ramadhan 1428 H: 30 September 2007.
11.Pengiriman Peserta Kemah Astronomi antar SMA se-Jawa Barat di Sumedang: Pertengahan Akhir Oktober 2007.
12.Pelatihan Karyawan dan Guru se-Tasikmalaya di SMKN 2 Tasikmalaya dalam program Jardiknas: Oktober – Nopember 2007.
13.Persiapan Ujian Nasional 2008 dengan penyerahan daftar US 1 untuk UN 2008 ke Diknas Kota Tasikmalaya: Awal Nopember 2007.
14.Peluncuran Komunitas Blog Pelajar dan Guru SMA Al-Muttaqin: Pertengahan Nopember 2007.
15.Sosialisasi Trik-trik pengerjaan soal-soal UN 2008 dari Alumni Universitas Gadjah Mada: Akhir Nopember 2007.
16.Penunjukkan dari Yayasan Al-Muttaqin untuk merintis berdirinya Pesantren Al-Muttaqin dengan Cikal Bakal Siswa-Siswi SMP-SMA Al-Muttaqin yang Berasrama, sekaligus penyusunan program kegiatan dan kurikulumnya: Akhir Oktober 2007.
17.Pembentukan Panitia Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008 : 12 Nopember 2007.
18.Pembagian Raport Bulanan sebanyak dua kali: September dan Nopember 2007.
19.Pengiriman Peserta Pelatihan Pembuatan Blog Telkom Tasikmalaya: Akhir Nopember 2007
20.Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008: 3 – 19 Desember 2007.
21.Pembagian Raport Semester Ganjil 2007-2008: 29 Desember 2007.

B. Rencana Program Semester Genap Tahun Pelajaran 2007-2008
Rencana program wakasek kurikulum untuk semester genap tahun pelajaran 2007-2008, sejak bulan Januari sampai bulan Juni 2008 adalah:
1.Pembuatan jadwal pembelajaran semester genap: Awal Januari 2008.
2.Pembentukan Tim Pokja Ujian Nasional: Awal Pebruari 2008.
3.Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah: April – Mei 2008.
4.Bimbingan Belajar Khusus Kelas XII: Januari – Mei 2008.
5.Pelaksanaan Try-Out: Januari – Mei 2008.
6.Pelaksanaan Out-Door: Maret 2007.
7.Penjurusan bagi kelas X: Mei 2008.
8.Pembagian Raport Bulanan: Pebruari, April, dan Mei 2008.
9.Pembinaan Peserta Olimpiade Sains 2008: Januari – Juni 2008.
10.Kunjungan sejumlah perguruan tinggi ke SMA Al-Muttaqin dalam rangka Sosialisasi Perguruan Tinggi dan SPMB.
11.Pemilihan siswa peserta PMDK ke sejumlah perguruan tinggi favorit.
12.Pembentukan Tim Pokja Ulum Semester Genap: Mei 2008.
13.Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Genap: Mei – Juni 2008.
14.Wisuda Lulusan Ketiga SMA Al-Muttaqin: Juni 2008
15.Pembagian Raport/Kenaikan Kelas: Akhir Juni 2008.

Tasikmalaya, Desember 2007
Wakasek Kurikulum,

Ilam Maolani

Tidak ada komentar: