Laporan wakil kepala sekolah bidang Kurikulum ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu laporan realisasi program kerja selama semester ganjil 2007-2008 dan rencana program semester genap 2007-2008.
A. Realisasi Program Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2007-2008
Program kerja wakasek kurikulum berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum yang sudah ditetapkan oleh SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Program kerja tersebut telah ditetapkan perencanaannya ketika tahun ajaran 2007-2008 dimulai. Dalam pelaksanaannya, alhamdulilah tidak ditemukan hambatan yang begitu menyulitkan. Berkat rahmat dan pertolongan Allah SWT, program tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Realisasi program-program tersebut antara lain:
1.Penyusunan rencana program wakasek kurikulum: Pertengahan Juli 2007.
2.Penyusunan jadwal pembelajaran : Pertengahan Juli 2007.
3.Sosialisasi pembuatan administrasi pembelajaran kepada setiap guru: Awal Agustus 2007.
4.Pelaksanaan bimbingan belajar khusus bagi kelas XII sebanyak lima hari dalam seminggu, dengan tenaga pengajar dari SMA Al-Muttaqin dan dari luar SMA Al-Muttaqin.
5.Pelaksanaan try-out sebanyak tiga kali selama semester ganjil.
6.Pelaksanaan out-door ke kawasan Pinus Ciamis: Akhir Agustus 2007.
7.Pembentukan panitia kegiatan ramadhan 1428 H: 3 September 2007.
8.Penyusunan perubahan jadwal pelajaran selama ramadhan, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB : 5 September 2007.
9.Kegiatan ramadhan 1428 H: 17 s.d. 30 September 2007.
10.Penutupan kegiatan ramadhan 1428 H: 30 September 2007.
11.Pengiriman Peserta Kemah Astronomi antar SMA se-Jawa Barat di Sumedang: Pertengahan Akhir Oktober 2007.
12.Pelatihan Karyawan dan Guru se-Tasikmalaya di SMKN 2 Tasikmalaya dalam program Jardiknas: Oktober – Nopember 2007.
13.Persiapan Ujian Nasional 2008 dengan penyerahan daftar US 1 untuk UN 2008 ke Diknas Kota Tasikmalaya: Awal Nopember 2007.
14.Peluncuran Komunitas Blog Pelajar dan Guru SMA Al-Muttaqin: Pertengahan Nopember 2007.
15.Sosialisasi Trik-trik pengerjaan soal-soal UN 2008 dari Alumni Universitas Gadjah Mada: Akhir Nopember 2007.
16.Penunjukkan dari Yayasan Al-Muttaqin untuk merintis berdirinya Pesantren Al-Muttaqin dengan Cikal Bakal Siswa-Siswi SMP-SMA Al-Muttaqin yang Berasrama, sekaligus penyusunan program kegiatan dan kurikulumnya: Akhir Oktober 2007.
17.Pembentukan Panitia Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008 : 12 Nopember 2007.
18.Pembagian Raport Bulanan sebanyak dua kali: September dan Nopember 2007.
19.Pengiriman Peserta Pelatihan Pembuatan Blog Telkom Tasikmalaya: Akhir Nopember 2007
20.Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Ganjil 2007-2008: 3 – 19 Desember 2007.
21.Pembagian Raport Semester Ganjil 2007-2008: 29 Desember 2007.
B. Rencana Program Semester Genap Tahun Pelajaran 2007-2008
Rencana program wakasek kurikulum untuk semester genap tahun pelajaran 2007-2008, sejak bulan Januari sampai bulan Juni 2008 adalah:
1.Pembuatan jadwal pembelajaran semester genap: Awal Januari 2008.
2.Pembentukan Tim Pokja Ujian Nasional: Awal Pebruari 2008.
3.Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah: April – Mei 2008.
4.Bimbingan Belajar Khusus Kelas XII: Januari – Mei 2008.
5.Pelaksanaan Try-Out: Januari – Mei 2008.
6.Pelaksanaan Out-Door: Maret 2007.
7.Penjurusan bagi kelas X: Mei 2008.
8.Pembagian Raport Bulanan: Pebruari, April, dan Mei 2008.
9.Pembinaan Peserta Olimpiade Sains 2008: Januari – Juni 2008.
10.Kunjungan sejumlah perguruan tinggi ke SMA Al-Muttaqin dalam rangka Sosialisasi Perguruan Tinggi dan SPMB.
11.Pemilihan siswa peserta PMDK ke sejumlah perguruan tinggi favorit.
12.Pembentukan Tim Pokja Ulum Semester Genap: Mei 2008.
13.Pelaksanaan Ulangan Umum Semester Genap: Mei – Juni 2008.
14.Wisuda Lulusan Ketiga SMA Al-Muttaqin: Juni 2008
15.Pembagian Raport/Kenaikan Kelas: Akhir Juni 2008.
Tasikmalaya, Desember 2007
Wakasek Kurikulum,
Ilam Maolani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar