THE LIGHT OF AL-QUR'AN

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

MY SCHOOL LAST TIME

MY PHOTOS

Rabu, 13 Januari 2010

PTK AGAMA SD TERBAIK 3 TINGKAT NASIONAL

Peneliti: Ilam Maolani. Judul: Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kisah Nabi Musa AS (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas V SDN Sambongpari Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2009/2010.


Merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), terutama dalam penemuan berbagai jenis media, maka guru berupaya mengambil manfaat dari adanya kemajuan IPTEK tersebut dengan mengimplementasikan multimedia dalam proses pembelajaran. Realita hasil belajar agama yang rendah atau minim yang ditemukan di Kelas V SDN Sambongpari, menuntut guru agama untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan multimedia dalam pembelajaran agama.

Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI pada materi Kisah Nabi Musa AS?; 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI pada materi Kisah Nabi Musa AS?; 3) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi Kisah Nabi Musa AS dengan menggunakan multimedia dalam pembelajaran PAI?

Rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah: Penggunaan multimedia dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kisah Nabi Musa AS di Kelas V SDN Sambongpari Kota Tasikmalaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan guru dalam merencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia pada materi Kisah Nabi Musa AS; 2) Kemampuan guru dalam melaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia pada materi Kisah Nabi Musa; 3) Hasil belajar siswa pada materi Kisah Nabi Musa AS dengan menggunakan multimedia dalam pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat bagi setiap pendidik dalam mencari, menemukan, dan mendayagunakan multimedia yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi Kisah Nabi Musa AS pada siklus I tergolong baik, sebab 85% penilaian menunjukkan kriteria baik. Terjadi peningkatan penilaian pada perencanaan siklus II, dengan perolehan nilai baik menjadi 95%. Sedangkan penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI materi Kisah Nabi Musa AS juga mengalami peningkatan. Siklus I memperoleh nilai baik 90% dan siklus II 95%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata siklus I sebesar 83 dengan ketuntasan klasikal 83%, meningkat pada siklus II menjadi 88 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kisah Nabi Musa AS. Penggunaan multimedia diharapkan dapat diterapkan pada materi yang lain dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar: