THE LIGHT OF AL-QUR'AN

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

MY SCHOOL LAST TIME

MY PHOTOS

Rabu, 05 Desember 2007

TIPS BELAJAR EFEKTIF


"Kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan dan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan".

Ada 10 tips mudah menuju proses belajar yang efektif , yaitu :
1. Ambillah pelajaran dari dunia olahraga
Semua olahragawan memimpikan hal-hal yang tampaknya mustahil, dan berhasil mewujudkannya, contoh memecahkan rekor, meraih emas olimpiade dan sebagainya.
2. Berani bermimpi – dan bayangkanlah masa depan kalian
Misalnya ingin menjadi juara umum, meraih gelar doktor, menjadi orang shaleh
3. Tentukan tujuan/jadwal
Kita akan lebih mudah mempelajari sesuatu bila mempunyai tujuan, seperti hari ini belajar agama, besok matematika, lusa biologi.
4. Belajar dari guru/mentor/pemandu yang antusias.
Misalnya anda ingin menjadi pebasket andal maka belajarlah dari pelatih yang antusias mengajarkan tekniknya sehingga kita bergairah belajar basket. Jika ingin jadi murid yang handal pun mesti belajar dari guru yang handal, ahli, dan berkualitas.
5. Mulailah dengan gambaran yang menyeluruh
Apabila kita menyusun puzzle, tentu akan sulit setelah bagian-bagiannya terpisah tetapi akan mudah jika kita mengamati lebih dulu gambarnya secara menyeluruh.
6. Tanya!
Jangan ragu-ragu bertanya kepada pakar terbaik yang dapat kalian temui, pada guru, pada teman, pada kiai, ustadz, atau pada siapa saja yang dianggap tahu dan ahli, pertanyaan yang dianggap remeh sekalipun apabila kita tak dapat menemukan jawabannya.
7. Pelajari lagi cara membaca lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah
Mari kita mulai dengan pertanyaan : Sudahkah kita membaca 1 buku sehari? Sudahkah kita membaca koran minggu ini? Jika kita bisa membaca 1 koran sejam, berarti sebenarnya kita telah membaca 4 buku sehari.
8. Perkuat dengan gambar dan suara
Carilah buku-buku bergambar, vcd, dvd dan program komputer interaktif, kalian akan mudah untuk mempelajarinya.
9. Belajar melalui praktek
Belajar melalui praktek akan lebih mudah dicerna dan dipahami. Praktek memberikan pengalaman secara langsung, dan bekasnya pun akan lebih lama tertahan dalam memori.
10. Ajarilah orang lain
Salah satu cara terbaik mempertahankan ilmu yang telah dimiliki adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Semakin sering mengajar, semakin sering pula bahan pelajaran diingat dan terus menempel di otak. Rasul SAW bersabda," Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberikan manfaat pada orang lain".

Tidak ada komentar: